Friday, January 21, 2011

tentang mengeluh dan berserah diri

Gw adalah orang yang sangat sangat suka mengeluh. Gw tahu sih mengeluh itu sama dengan menularkan kenegatifan kita secara sengaja pada orang, tapi terkadang mengeluh itu somehow bisa mengurangi beban pikiran gw loh. Jadi menurut gw, mengeluh itu masih baik untuk dilakukan selama itu membantu.

Dan masih dalam batasan yang wajar.

Sejujurnya, gw benci juga orang yang terlalu banyak mengeluh (terlalu banyak, menurut gw, gw mengeluh dalam kadar yang masih bisa diampuni). Gw sebenernya juga sering sih cerita ke teman-teman gw, mengeluh tentang keadaan yang membuat gw gak enak atau sedih atau apalah yang merusak hari gw, tapi habis ngeluh gitu bebannya hilang aja, ga masih nempel aja di benak gw.

Ya tapi kadang-kadang ada aja sih beban yang ga bisa ilang secara instan abis gw mengeluh gitu, tapi biasanya yang begitu gw cerita ke ibu gw (yang telinganya kayaknya udah bebel sama curhatan gw yang kadang-kadang ga penting banget) atau cerita ke Tuhan. Kalau gw cerita ke ibu gw, palingan gw disuruhnya cerita ke Tuhan, jadi ya sama aja sih, mending gw cerita langsung ke Tuhan :p

Dengan kita pasrah gitu, berserah diri, memohon ampun atas kesalahan-kesalahan, cerita hal yang bikin kita sedih dan gak enak sama Tuhan kita, kita akan percaya, apapun masalah yang kita punya, pasti akan selesai dengan bantuan-Nya. Rencana Tuhan manis kok, apapun hal gak enak yang lo rasakan, contohnya lo lagi ada masalah sama kerjaan lo di kantor, sesungguhnya Tuhan itu sedang mempersiapkan sesuatu yang indah buat lo, misalnya dengan lo berpusing-pusing ria begitu, siapa tahu lo jadi lebih berpengalaman gitu.

Sulit memang dilakukan, tapi percaya aja semuanya udah ada jalannya, semuanya udah ada yang mengatur, dan semuanya akan indah dan manis pada akhirnya (sekali lagi dengan catatan, kalau kita percaya).

"Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar" (2:15)

Cheer up, and have a room in your heart for your God :)

No comments: