Wednesday, January 26, 2011

run tita run

Lagu ini adalah potongan soundtrack film Lost in Love yang gw suka, karena liriknya sangat positif dan.......errr, ada nama gw :D

I've been searchin' for a way
Now I got somethin' to say
Imma live startin' today
Don't look back, me attack
And I wanna break free
Please just let me break free
All you guys just wait and see
I'll be me, just only me

Hanya aku yang putuskan
Hidup memang penuh pilihan
Cuma aku paling tau
Kemana yang akan ku tuju

Run tita tita run, run tita run
Terus berlari jangan berhenti
Run tita tita run, run tita run
Pastikan arah usah menyerah

Semua orang bisa ngomong
Anjing pun boleh mengonggong
Ku tak peduli, berlagak tuli
Ku terus berlari

-- Run Tita Run (Tangga)

Gw sekarang bekerja sebagai asisten peneliti di salah satu laboratorium di kampus gw, dan nantinya gw akan berkarir sebagai akademisi. Sama sekali gak terbersit tuh di pikiran gw mau kerja kantoran, karena ya memang passion gw bukan disitu.

Banyak sekali (ya, banyak sekali) orang meremehkan pekerjaan gw ini. Orang yang span angkatannya udah liwat dari angkatan yang seharusnya ada di kampus, tapi masih kelinteran di kampus bakal dikira orang-orang:

1. Mahasiswa S2
2. Orang yang skripsinya ga kelar-kelar
3. Pengangguran hopeless yang ngelamar dimana-mana gak dapet

Gw termasuk kategori pertama. Jujur, gw pernah disangkain sebagai orang kategori ke 2. Orang-orang itu bilang: "loh, tachu kok masih di kampus? emangnya belom lulus?". Oke, itu mungkin cukup menyakitkan, tapi akan lebih menyakitkan lagi kalau lo dikira orang kategori ke 2, yaitu orang-orang hopeless ber-IP rendah (atau bersoftskill rendah) yang pada akhirnya berakhir di kampus daripada ga kerja sama sekali.

"Ngapain sih masih kerja di kampus? Kenapa sih ga cari kerja diluar aja? Emang IP lo berapa sih? 3 sampe kan? Masa lulusan UI, IP nya 3 keatas nyari kerja ga dapet sih?"

Oke, disini gw sangat tersinggung. Masalahnya bukan karena menyinggung-nyinggung soal IP, tapi ini masalah ideologi gw akan pekerjaan gw. Gw menikmati kok bekerja di kampus (walaupun gajinya gak seberapa gede kalo dibandingin sama kerja di kantoran), dan bukan gw gak mau maju dengan gak mau keluar dari comfort zone gw, tapi disini gw dapet banyak banget pengalaman dan pemelajaran. Ini passion gw, ini jalan hidup yang akan gw ambil, jadi sebaiknya, kalau gak tahu apa sebenarnya hal yang gw lakukan disini, jangan bicara apa-apa tentang pekerjaan gw.

Dan soal gw mau bekerja menjadi akademisi. Banyak orang-orang bilang jadi dosen di Indonesia itu gak enak, gak dihargai, gak mapan, dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya yang gw cari dari pekerjaan gw adalah bukan kemapanan, tetapi kesenangan. Gw senang sekali lho membantu orang-orang untuk bisa belajar tentang sesuatu yang nggak mereka ngerti. Agak munafik sih memang dengar orang yang bekerja bukan untuk uang, tapi sejujurnya bagi gw uang itu nggak bisa membeli beberapa hal yang ada di dunia ini, termasuk kebahagiaan gw. Dan gw yakin gw akan bahagia dengan memilih jalan hidup yang seperti ini.

So, just wait and see :)

"Ada lebih dari satu mutiara di samudra. Cari mutiaramu, temukan kebahagiaanmu"
-- Tieta Antaresti

1 comment:

Unknown said...

Semangat tachu...salah satu yg bisa memudahkan mendapatkan ridho Nya adalah illmu yang bermanfaat, sebarkan ilmu dan kemampuan tachu ^_^ pekerjaan yg kita senangi pasti akan lebih baik hasilnya, doing with love so we'll get the great result (ngomong apaan sie...ngigo malam2) wkwkwk