Wednesday, January 12, 2011

thy fearful symmetry

[Warning: this post may contain geeky substances]

Lagi bosen banget sama kerjaan riset. Bos gw pergi 3 minggu ke Filipina dan gw disuruh mengobrak abrik apa sebenarnya yang menjadikan sebuah benda bernama Gabor Filter itu oke untuk mendeteksi edge suatu citra. Setelah gw pelototin, ternyata ada satu fungsi misterius yang memodulasi gelombang sinus dan kosinusnya si Gabor ini, namanya Gaussian Envelope. Kemarin gw udah belajar, udah cukup ngerti, cuma gw takut sesat. Mau belajar lagi bosen, udah seminggu gw main-main sama itu filter. Akhirnya gw switch ke benda lain.

Jadi sebenernya gw mempelajari ini karena pengen tau semata, soalnya benda ini kabarnya powerful banget dan bisa menganalisis sinyal EKG pake semacam metode machine learning gitu. Benda itu adalah aljabar asbak!

Aljabar abstrak, in a funny way.

Dan pas gw lihat-lihat slide yang dipost di videolectures oleh seseorang, ada puisi begini:

Tiger, tiger, burning bright
In the forests of the night,
What immortal hand or eye
Dare frame thy fearful symmetry?
--Willam Blake

Dan waktu terakhir gw jalan-jalan ke kinokuniya, gw menemukan buku ini:

Memang ada apa sih dengan symmetry? Sebegitu ditakutinnya. Gw sendiri sepertinya yang harus mencari tahu. Hmmm...

No comments: