Friday, February 19, 2010

being lecturer assistant is so difficult!

.
Jadi asisten dosen emang harus punya kesabaran yang melimpah ruah. Kalo nggak ya nasibnya kayak gw ini. Ditelponin jam satu pagi, dikata2in nggak bisa ngoding, dibilang nggak kompeten, dibilang suka nelantarin mahasiswa, blablablablabla.

Yang pertama masalah nelantarin mahasiswa. Just so you know aja sih, gw nggak pernah nelantarin mahasiswa gw! Kalaupun ada yang pernah merasa gw telantarkan itu karena bukan niat gw untuk menelantarkan, tapi karena workload gw yang mungkin pada waktu itu melebihi batas kemampuan manusia normal.

Sakit hati sih emang, tapi apalagi yang bisa gw perbuat selain menunjukkan pada mereka kalau gw sama sekali nggak kayak yang mereka pikirkan. Gw berusaha mati-matian untuk membuat mahasiswa ngerti, itu udah jadi tanggung jawab moral gw. Jujur, gw sedih banget kalo ada orang yang nggak melihat niat baik gw itu. Ya tapi emang sih niat baik emang niat baik, tapi belom tentu semua orang ngeliat itu sebagai niat baik kan?

Yang kedua masalah gw nggak bisa ngoding. Gw nggak bisa ngoding bukan karena gw nggak mau berusaha untuk bisa ngoding. Gw berusaha, gw bahkan sampe ngerecokin temen-temen gw yang jago ngoding buat ngajarin gw ngoding supaya gw bisa dan gw nggak malu nanti sama temen-temen gw yang lain. Masalah gw nggak bisa-bisa itu karena gw emang nggak minat untuk mendalami hal itu, karena gw pada dasarnya emang nggak suka. Tapi sekali lagi gw tegasin, gw bisa ngoding dan gw berusaha meng-improve kompetensi programming gw, meskipun gw nggak minat dalam hal itu.

Yang ketiga masalah sopan santun mahasiswa ke asisten dosen. Emang sih gw bukan dosen asli, gw cuma asisten. Tapi inget, gw cuma asisten bukan berarti mahasiswa bisa berlaku seenaknya ke gw. Apa alasannya karena umur gw yang jauh di bawah mereka? Kalo menurut gw sih hal itu nggak cukup dijadikan sebuah excuse untuk lu nggak menghormati asisten lu. Asisten lu juga manusia, mereka nggak dibayar untuk melayani lu, tapi mereka dibayar berdasarkan knowledge dan dedikasi yang mereka punya. Tergantung asistennya juga sih mikirnya gimana, kalo mereka emang mikir mereka harus dibayar untuk segala hal dan semuanya yang udah dia transfer untuk kepentingan mahasiswa ya maaf aja, gw bukan salah satu dari golongan asisten-asisten itu. Gw tulus, jadi tolong hargai ketulusan gw.

Gw pernah jadi mahasiswa dan gw sangat menghargai semua orang yang pernah jadi asisten dosen gw, karena jika suatu saat gw jadi asisten gw nggak mau diperlakukan dengan tidak menyenangkan oleh mahasiswa-mahasiswa yang gw ajar. Jadi please, kalau kalian merasa pernah berbuat hal seperti yang gw sebutkan diatas tolong evaluasi diri.

Hargailah semua asisten kalian karena mereka bukan hanya mengajar untuk uang. Mereka ingin membantu kalian dan membuat kalian pintar.

Kalaupun jadi asisten nggak ada bayarannya, gw akan tetep mau kok jadi asisten. Serius.

No comments: