Friday, November 13, 2009

bis neraka

.
Heho!

Hmm, pikiran ini terlintas ketika gw sedang berada di atas bis neraka yang sering disebut juga Deborah. Bagi yang nggak tau bis Deborah itu apa, biar gw jelasin lebih lanjut deh:

Jadi kalau kalian melihat ada bis ungu yang penuh dengan orang-orang didalamnya, terus punya trayek Depok-Kalideres atau Depok-Lebak Bulus, keneknya orang batak, jalannya ajrut-ajrutan, sudah dapat dipastikan itu bisnya. Cukup jelas kan deskripsi gw? Lanjut.

Deborah yang tiap hari gw naikin itu yang trayeknya Depok-Lebak Bulus. Secara rumah gw di pamulang, ya gw tiap hari naik itu dulu dari lebak bulus. Abisan gw gak tau sih jalan tembus yang lewat sawangan (norak hahaha, brapa taun sih gw kuliah di UI?). Setau gw, bis yang trayeknya Depok-Lebak Bulus itu ya cuma Deborah seorang, jadi kebayang kan tiap pagi penuhnya kayak apa?

Di dalem bis itu gw sering banget liat fenomena-fenomena alam (?) yang bikin hati gw miris. Sedikit contoh:

- Ada ibu-ibu, bawa barang banyak dan dia terlihat sudah tua. Gak ada yang mau kasih duduk coba! Hmm, keterlaluan ya. Mau gak sih orang-orang itu pas udah tua diperlakukan seperti itu di kendaraan umum? Pastinya gak mau.

-Ada ibu-ibu (lagi) bawa anak banyak dan semua anaknya kecil-kecil. Mereka dibiarin berdiri aja ya! Padahal boook, gw aja kalo berdiri aja udah pengen pingsan banget gara-gara udara yang pengep, gimana anak kecil yang notabenenya punya tinggi 1/2 dari tinggi gw? Turun langsung TBC kali tuh anak.

- Ada mbak-mbak, agak b*tchy, pake rok mini ato legging ala mbak-mbak melawai. Dikasih duduk sama mas-mas! No comment.

- Di Deborah itu kan ada tuh bangku yang di sebelah supir yang melintang gitu (tau kan?). Kadang orang suka asal naik aja dan gak nyisain sisa orang lain buat duduk. Padahal kalo dia berbalik kan masih ada space buat orang lain supaya bisa duduk.

- Kalo gw duduk sama bapak-bapak, doi duduknya suka ngangkang. Abis itu kan tempat duduk di Deborah kan sempit tuh ye, udah deh gw duduk cuma setengah pantat doang. Encok deh sampe kampus hahaha.

Bagi yang pernah ngerasa ngelakuin ini semoga memperbaiki kelakuannya, soalnya kita kan hidup sebagai makhluk sosial, harusnya ya (ini gw bilang harusnya) kita punya sedikit aja kepekaan sosial sama orang-orang di sekeliling kita. Kita gak akan dihargain kan kalo kita gak menghargai orang terlebih dahulu?

No comments: