Monday, May 16, 2011

endless assignment

Gue udah pernah cerita kan tentang kuliah favorit gue semester ini? TD Komputasi Numerik?

Jadi kan tugas gue itu ngebahas tentang 3D reconstruction dari beberapa foto dengan posisi yang berbeda-beda, tapi entah kenapa ya, scopenya jadi melebar banget. Ada maximum likelihood estimation, homography image, epipolar geometry, dan hal-hal lain yang gue aja baru tahu. Paper yang gue pakai buat referensi tugas gue ini adalah paper yang dapet Best Paper Award di CVPR 2010.

Karena paper gue adalah best paper, di conference kelas satu pula, pastinya isinya absurd. Tapi sebenarnya, ada hikmah dibalik keabsurdan paper gue itu, gue jadi belajar sangat banyak tentang computer vision dan tetek-bengeknya, walau berdarah-darah.

Batas waktu pengumpulan tinggal 2 minggu lagi. Gue gak tau sebenernya harus ngapain lagi. Kayaknya, makin tugas itu gue kerjain, makin banyak blackbox-blackbox yang harus gue buka. Ya tapi sekali lagi sih, gak ada ilmu yang gak guna. Semoga abis tugas ini selesai, gue jadi expert di bidang computer vision dan tensor-tensoran.

(ditulis seorang diri di lab yang dingin, pada hari dimana seharusnya orang-orang libur, ada di rumah masing-masing sambil selimutan dan minum teh manis)

No comments: